Sukses SNMPTN

SNMPTN ibarat Panggung Perang Buatan, sedangkan ujiannya itu sendiri adalah medan pertempuran (battle). Sedangkan perang yang sesungguhnya adalah perjuangan untuk mencapai kesuksesan Anda masing-masing dengan SNMPTN. Untuk dapat mencapai kesuksesan Snmptn ternyata lebih ditentukan faktor Emotional Intellegence (IE = kematangan emosional) daripada faktor kepintaran (baca IQ = Intelligence Quotient) ia merupakan kecerdasan seseorang yang ditunjukkan berdasarkan tes intelegensi, a measure of a person’s intelligence as indicated by an intelligence test. Jadi hanya si Cerdas plus yang punya Action yang baiklah yang bisa lolos dari “lobang jarum” Snmptn yang demikian ketat! Hendaknya kita semua sadari bahwa Snmptn adalah salah satu jenis seleksi yang harus kita ikuti agar kita bisa kuliah di PTN yang kita dambakan. Snmptn menurut panitia adalah kegiatan seleksi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri di tingkat Nasional dengan Pola ujian tulis dan ujian keterampilan khusus bagi Program Studi tertentu. Fakta dari Snmptn menunjukkan bahwa tingkat persaingannya cukup tinggi dan bagi beberapa PTN SNMPTN yang sangat favorit, realita menunjukkan rasio persaingannya sangat tinggi.

Pada Snmptn 2008, dari total 378.054 peserta Snmptn hanya sebanyak 83.490 peserta yang diterima di 57 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut terdiri 41.145 peserta yang diterima di program studi IPA dan 42.345 peserta diterima di program studi IPS. Kalau dipersentasekan yang lulus hanya sekitar 22,1 %, jumlah yang sedikit karena angka kegagalan Snmptn mencapai sekitar 71,9 %. Pada Snmptn 2009 yang Gagal mencapai 267.240 orang dan yang berhasil lulus hanya sekitar 92511 orang. Fakta tersebut merupakan suatu contoh yang sangat berharga bagi para Siswa bahwa untuk sukses Seleksi PTN bukan hanya Impian yang harus kita miliki tapi Tindakan nyata dalam mempersiapkannya dengan cara belajar keras.

Marilah kita membahas arti Impian yang penting bagi Anda para calon Peserta Snmptn. Kami yakin Anda semua mempunyai mimpi yang hebat sehingga Anda begitu semangat berjuang, Mungkin di antara Anda ada yang bermimpi kuliah di Pendidikan Dokter, Teknik Informatika, Teknik Industri, Akuntansi, Manajemen, dan lain-lain. Atau Anda mungkin ada yang pengen banget kuliah di UI, ITB, USU, Unpad, Undip, Unhas, Unlam, UGM, UIN, atau PTN SNMPTN lainnya. Ternyata Impian itu begitu penting karena hampir 95 % keberhasilan Anda di Snmptn atau Seleksi PTN mana pun ditentukan oleh Impian dan Action Anda. Walaupun Impian merupakan sesuatu yang immaterial tapi ia dapat memotivasi Anda untuk mewujudkannya dalam jangka waktu yang jelas. Ingatlah Adik-adik, minat saja belum tentu merupakan impian. Impian lebih merupakan hasrat Anda untuk sesuatu yang positip, sesuatu yang bernilai untuk hidup Anda. Impian merupakan hal yang amat penting sebagai modal utama untuk Sukses dalam Snmptn dan Kuliah Anda di PTN SNMPTN. Why? Karena impianlah yang membuat Anda kuat dalam berjuang, kuat duduk berlama-lama di ruang ujian Snmptn, kuat keluar dari zona kenyamanan Anda, dan impian yang mampu membuat Anda mau untuk berubah menjadi orang yang sukses! But Wait! Ternyata banyak yang dapat mengaburkan impian Anda. Apabila Anda telah menemukan impian Anda, Please Protect Your Dream! Lindungilah Impian Anda, dengan cara :

1. Visualisasikan Impian Anda
Tuliskan impian-impian Anda dan visualisasikan dengan gambar-gambar yang mendekati apa Yang Anda impikan. Misalnya jika Anda pengen banget Kuliah di Kedokteran UI atau di Fikom Unpad, maka buatlah sebuah Dreaming Book yang berisi gambar-gambar impian Anda, lalu tulislah Kapan dan Bagaimana Anda ingin mencapainya. Misalnya jika Anda bercita-cita pengen jadi dokter, tanamkan impian Anda untuk jadi dokter ke alam bawah sadar Anda. Bayangkan bagaimana perasaan bawah sadar Anda melihat secara kontinyu baju dokter, alat-alat kedokteran, dan bagaimana bernilainya tugas dokter ketika membantu menyembuhkan orang-orang yang sakit. Bayangkan bagaimana perasaan Anda saat mencapai impian itu. Bayangkan seolah-olah Anda telah mencapainya.
2. Miliki Lingkungan yang Mendukung Impian Anda
Pepatah klasik mengatakan “mereka yang berjalan dengan orang yang bijaksana akan tumbuh menjadi orang yang bijaksana”. Lingkungan sangat berpengaruh untuk menjaga impian Anda. Ingatlah bahwa penemuan-penemuan Besar di Jagat bukanlah terjadi secara kebetulan, tapi berawal dari impian yang kuat dari sang Penemu yang membuatnya berjuang keras untuk mewujudkan impiannya.

Anda boleh pintar setinggi langit, anda boleh punya mimpi setinggi gunung, namun tanpa Action jangan harap segalanya lebih baik. Impian, angan-angan, atau khayalan anda selamanya akan tetap bercokol di sana. Tanpa sedikitpun berubah menjadi kenyataan! Knowledge isn’t enough. We must take Action! Tindakan adalah kekuatan kita. Action-lah yang membuat Impian kita kian mendekati kenyataan. Dengan bahasa Snmptn ”Action is the great Power for your Snmptn Success”. Disinilah letak penting Start Action sebab ACTION adalah Kekuatan!

Semua manusia lahir didunia sebagai sosok makhluk yang genius. Dan hampir semua orang juga tahu bahwa kegeniusan kita ini di kendalikan oleh salah satu bagian tubuh kita berupa otak yang bekerja super unik yang dapat mengalahkan kemampuan komputer secanggih apapun di dunia. Kemampuan ini adalah milik anda, dan haruslah disadari sebagai potensi yang perlu dikembangkan supaya kemampuannya menjadi optimal. Tuhan maha adil, telah memberikan karunia berupa kemampuan yang luar biasa pada diri setiap manusia. Dan hendaknya kita mensyukuri nikmat itu dengan memberikan apa yang terbaik bagi perkembangan potensi kegeniusan tersebut.

Dalam persaingan perebutan kursi PTN dalam jenis seleksi apa pun ternyata fakta memperlihatkan bahwa banyak peserta yang pandai atau bahkan boleh dibilang jenius tapi ternyata mengalami kegagalan yang ironis. Fakta adalah bukan fantasia, fakta membuktikan terkadang rangking 1 di SMA paling top di Metropolitan, tapi bisa gagal Seleksi PTN. Terkadang rangkingnya biasa saja, Try Out juga tidak pernah lulus tetapi kenyataannya berhasil menembus Seleksi PTN. Itulah salah satu bukti kebesaranNya; manusia adalah manusia, -dengan segala kelemahannya; keberhasilan adalah keberhasilan, – hanya Tuhan-lah yang menentukan. Kami yakin sebagian besar pelajar punya mimpi, mimpi yang besar untuk menembus PTN Idaman. Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah sesuatu yang benar-benar didambakan dan harapan orang tua juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri bila dapat lulus Seleksi PTN. Tetapi pada kenyataannya mimpi hanya tinggalah mimpi dan tidak pernah menjadi kenyataan. Banyak dari para peserta yang hanya jadi pemimpi dan tanpa mencoba berbuat untuk mewujudkan mimpi dan harapannya itu. Oleh karena saran kami supaya Anda sukses, Lakukan : ACTION for your success! Dengan persaingan yang super ketat dalam Seleksi PTN seperti Snmptn (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) memenangkan persaingan diperlukan kerja keras dan pintar serta strategi yang tepat, karena tanpa ini semua, bukan kesuksesan yang didapatkan tapi menemui kegagalan. Oleh karena itu ACTION-lah Anda dengan dengan :

Begin From The End
Pepatah mengatakan “If you fail to plan you plan to fail”, jika Anda gagal membuat sebuah rencana, itu sama saja merencanakan kegagalan. Seperti halnya kesuksesan dibidang lain, energi terbesar kesuksesan di Seleksi PTN sangat ditentukan seberapa besar impian Anda untuk memasuki jurusan di PTN yang Anda dambakan. Daripada banyak bemimpi lebih baik bersikap positif terhadap hal apapun merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keinginanmu. Jangan pernah pedulikan bagaimana kualitas seorang Guru yang mengajar, sekolah yang kurang fasilitas, kemampuan yang serba terbatas. Fokuslah pada hal-hal yang positip bisa menunjang kesuksesan. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan tidak ada hentinya untuk berusaha mengejar ketinggalan. “Insya Allah Kami pasti bisa berhasil”, Kami pasti bisa, Kami pasti bisa memasuki PTN Idaman, Insya Allah!

Siapkan Mental Anda
Kesiapan mental diperlukan bukan hanya ketika pelaksanaan Ujian, tetapi pada saat kapanpun termasuk ketika akan belajar dan saat Anda menerima Hasil Pengumuman Snmptn. Jangan Anda terlalu memikirkan bahwa Mungkinkah Kami lulus, Kami mengharapkan Anda belajar untuk menerima hasil dengan sadar, kepala dingin, dan ikhlas, Lulus atau tidak lulus Anda di Snmptn 2010 itulah adalah KehendakNya.

Lakukan Pendekatan diri kepada Allah SWT. secara lebih intensif
Setelah usaha maksimal dilakukan, maka hendaknya semuanya diserahkan kepada Allah SWT. Sebesar apapun impian kita, mustahil akan berhasil tanpa ridhoNya. Pendekatan diri kepada Allah SWT dan berdoa agar dalam belajar mudah memahami materi pelajaran, ketika memilih jurusan dan pada pelaksanan Seleksi PT diberikan kemudahan dan dijauhkan dari kesalahan dan kesalahan yang mungkin terjadi karena kealpaan. Fakta Kelulusan Seleksi PTN terbesar yaitu Snmptn memperlihatkan bahwa hanya sekitar 20 persen yang bisa lulus seleksi. Mereka yang 20% itu benar-benar beruntung. Keberuntungan mereka ditunjang oleh keyakinan sukses dan didukung oleh tindakan nyata, Mereka tidak hanya bermimpi sukses di SNMPTN tapi mereka benar-benar berbuat banyak untuk kesuksesannya. Mereka lebih menomorsatukan tindakan daripada mimpi mereka.

Oleh karena itu agar Anda juga Sukses di berbagai seleksi PTN yang digelar, Saran Kami : Ucapkan kata : Action Rasakan bagaimana adrenalin dalam tubuh anda bekerja. Mengalir deras menganak sungai ke sekujur tubuh anda. Dan lihat…! Bagaimana tiba-tiba tubuh anda yang semula lesu menjadi bergairah. Kedua tangan anda yang tadi lunglai tak bertenaga sekarang mulai terangkat dan ACTION. Semoga Anda Sukses di PTN Harapan Anda!
Oleh Asep Rusmana Dewanto
Penulis adalah Konsultan Pendidikan di SSC Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: